Petunjuk Pelaksanaan & Pendaftaran

PETUNJUK PELAKSANAAN DAN PENDAFTARAN
Health Science Seminar and Entrepreneur Competition (ESSENCE)
   A.    Kepesertaan
- Entrepreneur Competition
1.      Peserta ESSENCE adalah mahasiswa/i kesehatan dan umum dari Perguruan Tinggi negeri/swasta seluruh Indonesia.
2.      Peserta Innovation & Entrepreneur Competition adalah tim yang terdiri dari maksimal 3 (tiga) mahasiswa/i dari satu Perguruan Tinggi yang sama.
3.      Peserta yang telah didaftarkan dalam satu tim, tidak dapat digantikan. Apabila salah satu peserta berhalangan, dan hendak diganti dengan peserta yang baru, maka tim tersebut dianggap gugur dan dipersilahkan mendaftar kembali sebagai tim baru.
4.      Jika pada babak penyisihan terdapat tim yang anggotanya tidak lengkap, tim tersebut diperbolehkan untuk mengikuti babak penyisihan dengan anggota yang ada. Tetapi jika pada babak semi final dan babak final terdapat tim dengan anggota yang tidak lengkap, maka tim tersebut dinyatakan gugur.
5.      Untuk info yang berhubungan dengan ESSENCE akan di informasikan melalui web resmi ESSENCE dengan alamat essence2013.blogspot.com
Seminar
1. Peserta seminar adalah mahasiswa/i kesehatan seluruh Indonesia.
   B.     Pendaftaran
Pendaftaran dimulai pada tanggal 28 Januari s.d. 3 Maret 2013 dengan sistem online melalui web resmi ESSENCE dengan alamat essence2013.blogspot.com
A.    ENTREPRENEUR COMPETITION
1.      Mendownload formulir pendaftan yang terdapat pada web resmi ESSENCE. Setelah di download dan diisi, dikirim via email ke alamat essencefkgua@gmail.com dengan judul NAMA KETUA_FAKULTAS/ASAL UNIVERSITAS_KOTA. Contoh : SALICHA_FKG/UNAIR_SURABAYA
2.      Melunasi biaya pendaftaran sebesar Rp100.000,00-/tim. Pembayaran dilakukan melalui setoran tunai bank (bukan transfer) ke rekening Bank Mandiri dengan nomor rekening 142-00-1192122-7 atas nama Adinda Rizka H. Setelah melakukan pembayaran, diharapkan untuk konfirmasi kepada panitia dengan format : ENTREPRENEUR COMPETITION_Nama penyetor_ASAL UNIVERSITAS_tanggal setoran ke nomor 087853318304.
3.      Menyerahkan scan kartu mahasiswa yang masih berlaku, pas foto 3x4, dan bukti pembayaran pada saat mengirimkan karya ENTREPRENEUR COMPETITION email.
B.     HEALTH SCIENCE SEMINAR
1.      Pendaftaran dimulai pada tanggal 28 Januari s.d. 11 Maret 2013. Melunasi biaya pendaftaran sebesar Rp35.000,00/orang. Pembayaran dilakukan melalui setoran tunai bank (bukan transfer) ke rekening bank Mandiri dengan nomor rekening 142-00-1192122-7 atas nama Adinda Rizka H. Setelah  melakukan pembayaran, diharapkan untuk melakukan konfirmasi kepada panitia dengan format: ESSENCE SEMINAR_Nama Lengkap penyetor_ASAL UNIVERSITAS/INSTANSI_tanggal setoran ke nomor 087853318304.
2.      Menunjukkan copy bukti pembayaran saat menghadiri seminar untuk ditukar dengan seminar kit dan snack. Sertifikat diberikan saat acara seminar berakhir.
   C.    Pelaksanaan Lomba
SELEKSI AWAL
·         Peserta mengirimkan business model/canvas mulai dari tanggal 28 Januari s.d. 3 Maret 2013 (bukan cap pos) yang berisi inovasi di bidang kedokteran gigi yang marketable dengan format sebagai berikut:


Gambar 1.1 Format model business model/canvas
1.      Customer Segments - Kepada siapa Anda menawarkan produk Anda? Siapa pelanggan Anda yang paling penting?
2.      Value Propositions - Penawaran  (barang atau jasa) atau produk yang Anda tawarkan dalam bisnis Anda kepada pelanggan Anda.
3.      Channels - Bagaimana Anda menghantarkan produk Anda kepada segment pasar yang telah Anda tentukan? Apa jalur yang paling mudah lewat mereka?
4.      Customer Relationships - Bagaimana Anda membangun dan menjaga hubungan dengan pelanggan Anda?
5.      Revenue Streams - Darimana sumber pemasukan Anda? Apa saja yang pelanggan Anda bayar? Apa saja yang gratis (jika ada.) 
6.      Key Activities - Apa aktivitas paling penting yang harus Anda lakukan agar bisnis Anda berjalan?
7.      Key Resources - Apa saja sumber daya yang Anda butuhkan untuk menghasilkan produk Anda dan menghantarkannya melalui Channel serta menjaga hubungan dengan pelanggan?
8.      Key Partnerships - Siapa partner Anda? Sumber daya apa yang Ia sediakan? Bagaimana Ia dapat membantu aktivitas bisnis Anda? Bagaimana bentuk kerjasamanya?
9.      Cost Structures - Berapa biaya yang harus Anda keluarkan dalam model bisnis Anda? Mana yang biaya tetap? Mana biaya variable?
·         Business Model/Canvas dikumpulkan dalam bentuk soft copy (font dan isi bebas, namun tetap berupa tabel), dengan design kreatif dan penjelasan singkat tiap pointnya dengan resolusi jelas, berikut ringkasan singkat maksimal 1 halaman A4 (Times New Roman, 12, spasi 1,5). Soft copy business canvas dan ringkasan dikirim melalui email essencefkgua@gmail.com dengan judul NAMA KETUA_FAKULTAS/ASAL UNIVERSITAS_KOTA/JUDUL INOVASI. Contoh : SALICHA_FKG/UNAIR_SURABAYA/SIKAT GIGI ELEKTRIK.
·         Setelah melakukan pengiriman melalui email, diharapkan untuk konfirmasi kepada panitia dengan format : NAMA KETUA_FAKULTAS/ASAL UNIVERSITAS_KOTA/JUDUL INOVASI. Contoh : SALICHA_FKG/UNAIR_SURABAYA/SIKAT GIGI ELEKTRIK ke nomor 087853318304.
·         Biaya pendaftaran sebesar Rp100.000,00 dan tidak dibatasi kuota, peserta boleh mengirimkan lebih dari 1 karya dengan formasi tim yang berbeda atau sama (jika sama maka akan dipilih yang terbaik)
·         Peserta yang akan masuk babak semifinal sebanyak 15 tim
·         Pengumuman semifinalis melalui media publikasi dan pesan singkat (sms) kepada ketua kelompok
   SEMIFINAL
·         Peserta yang lolos (15 tim) wajib hadir untuk melakukan presentasi poster di hadapan juri pada tanggal 16 Maret 2013 dengan anggota lengkap, apabila salah satu anggota tidak hadir, maka dianggap gugur
·         Poster berisi penjelasan mengenai business model/canvas yang telah diajukan sebelumnya dengan ukuran 80 x 60 vertikal, hendaknya terbaca dengan baik dalam jarak maksimal 2m, kreativitas tidak dibatasi oleh panitia.
·         Poster dibawa pada saat melakukan presentasi dan merupakan ketentuan wajib. Peserta diperkenankan membawa atau menunjukkan produk/karya inovasinya pada saat berkompetisi dan melakukan verifikasi kebutuhan displaynya pada panitia sekurang-kurangnya 3 hari sebelum lomba diadakan (kebutuhan listrik, meja, atau alat pendukung lainnya)
·         Biaya transport dan akomodasi tidak ditanggung panitia
·         Peserta yang lolos ke babak final sebanyak 5 tim dan akan diambil pemenang poster dengan desain terbaik.
   FINAL
·         Akomodasi 5 tim selama 1 malam TIDAK ditanggung oleh panitia
·         Peserta wajib datang untuk melakukan presentasi di hadapan juri pada tanggal 17 Maret 2013
·         Presentasi dilakukan dengan file multimedia (powerpoint, flash, atau video file). Dengan atau tanpa audio file yang menjelaskan proses business model/canvas tim anda. Durasi dari audio presentasi business model/canvas tidak boleh lebih dari 10 menit.
·         Pemenang terdiri dari juara 1, 2, 3, harapan 1 dan harapan 2.
·         Juara 1, 2, 3 akan mendapatkan piala, hadiah, dan sertifikat yang diserahkan pada kegiatan Seminar Health Science
·         Juara harapan 1 dan 2 akan mendapatkan sertifikat yang diserahkan pada kegiatan Seminar Health Science
·         Transport pulang tidak ditanggung panitia
                 
ASPEK PENILAIAN
Tabel 1.1 Kriteria Penilaian Seleksi Awal
No.
Kriteria
Bobot
Skor
Nilai
(Bobot x Skor)
1
Gambaran Inovasi yang akan diterapkembangkan
a.       Kreativitas
b.      Orisinalitas
c.       Inovasi
40
2
Kesesuaian dengan bidang ked. Gigi
30
3
Inovasi yang marketable
30
TOTAL
100
Skor : 1, 2, 3, 5, 6, 7
Tabel 1.2 Kriteria Penilaian Presentasi SEMIFINAL
No.
Kriteria
Bobot
Skor
Nilai
(Bobot x Skor)
1
Hasil
a.       Kreativitas
b.      Kegunaan dalam bidang ked.gigi
50
2
Diskusi:
a.       Cara menjawab
b.      Ketepatan jawaban
c.       Kerjasama kelompok
50
TOTAL
100
Skor : 1, 2, 3, 5, 6, 7
Tabel 1.3 Kriteria Penilaian Presentasi FINAL*
No.
Kriteria
Bobot
Skor
Nilai
(Bobot x Skor)
1
Pemaparan
a.       Sistematika penyajian dan isi
b.      Penggunaan bahasa yang baku
c.       Cara dan sikap presentasi
d.      Ketepatan waktu
20
2
Gagasan:
a.       Kreativitas gagasan (keunikan, manfaat dan dampak)
b.      Kelayakan implementasi
50
3
Diskusi:
e.       Tingkat pemahaman gagasan
f.       Kontribusi anggota tim
30
TOTAL
100
*sistem penilaian tersebut di atas dapat berubah sewaktu-waktu dengan atau tanpa pemberitahuan kepada peserta
Skor : 1, 2, 3, 5, 6, 7

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.