PETUNJUK
PELAKSANAAN DAN PENDAFTARAN
Health Science Seminar and Entrepreneur Competition (ESSENCE)
A.
Kepesertaan
-
Entrepreneur Competition
1. Peserta ESSENCE adalah mahasiswa/i kesehatan
dan umum dari Perguruan Tinggi negeri/swasta
seluruh Indonesia.
2. Peserta Innovation
& Entrepreneur
Competition adalah tim yang terdiri dari maksimal 3 (tiga) mahasiswa/i dari satu Perguruan Tinggi yang
sama.
3. Peserta
yang telah didaftarkan dalam satu tim, tidak dapat digantikan. Apabila salah
satu peserta berhalangan, dan hendak diganti dengan peserta yang baru, maka tim
tersebut dianggap gugur dan dipersilahkan
mendaftar kembali sebagai tim baru.
4. Jika
pada babak penyisihan terdapat tim yang anggotanya tidak lengkap, tim tersebut
diperbolehkan untuk mengikuti babak penyisihan dengan anggota yang ada. Tetapi
jika pada babak semi final dan babak final terdapat tim dengan anggota yang
tidak lengkap, maka tim tersebut dinyatakan
gugur.
5. Untuk
info yang berhubungan dengan ESSENCE
akan di informasikan melalui web resmi ESSENCE
dengan alamat essence2013.blogspot.com
Seminar
1.
Peserta seminar adalah mahasiswa/i kesehatan seluruh Indonesia.
B.
Pendaftaran
Pendaftaran dimulai pada tanggal 28 Januari s.d. 15 Februari 2012 dengan
sistem online melalui web resmi ESSENCE
dengan alamat essence2013.blogspot.com
A.
ENTREPRENEUR COMPETITION
1. Mendownload
formulir pendaftan yang terdapat pada web
resmi ESSENCE. Setelah di download dan diisi, dikirim
via email ke alamat essencefkgua@gmail.com dengan
judul NAMA KETUA_FAKULTAS/ASAL
UNIVERSITAS_KOTA. Contoh : SALICHA_FKG/UNAIR_SURABAYA
2. Melunasi
biaya pendaftaran sebesar Rp100.000,00-/tim.
Pembayaran dilakukan melalui setoran
tunai bank (bukan transfer) ke rekening
Bank Mandiri dengan nomor rekening 142-00-1192122-7 atas nama Adinda Rizka H. Setelah
melakukan pembayaran, diharapkan untuk konfirmasi kepada panitia dengan format
: ENTREPRENEUR
COMPETITION_Nama penyetor_ASAL UNIVERSITAS_tanggal setoran
ke nomor 087853318304.
3. Menyerahkan
scan kartu mahasiswa
yang masih berlaku, pas foto 3x4, dan bukti pembayaran pada saat mengirimkan karya ENTREPRENEUR
COMPETITION
melalui email.
B.
HEALTH
SCIENCE SEMINAR
1.
Pendaftaran dimulai
pada tanggal 28 Januari s.d. 15 Maret 2012.
Melunasi biaya pendaftaran sebesar Rp35.000,00/orang.
Pembayaran dilakukan melalui setoran tunai bank (bukan
transfer) ke rekening bank Mandiri
dengan nomor rekening 142-00-1192122-7
atas nama Adinda Rizka H.
Setelah melakukan pembayaran, diharapkan
untuk melakukan konfirmasi kepada panitia dengan format: ESSENCE SEMINAR_Nama
Lengkap penyetor_ASAL UNIVERSITAS/INSTANSI_tanggal
setoran ke nomor 087853318304.
2.
Menunjukkan copy
bukti pembayaran saat menghadiri seminar untuk ditukar dengan seminar kit dan
snack. Sertifikat diberikan saat acara seminar berakhir.
C.
Pelaksanaan
Lomba
SELEKSI AWAL
·
Peserta mengirimkan ringkasan atau business model/canvas (pilih
salah satu) mulai dari tanggal 28
Januari s.d. 9 Februari 2012 yang berisi inovasi di bidang kedokteran gigi
yang marketable dengan format sebagai
berikut:
A.
Business Model/Canvas
Gambar 1.1 Format model
business model/canvas
1. Customer
Segments - Kepada siapa Anda menawarkan produk Anda? Siapa
pelanggan Anda yang paling penting?
2. Value
Propositions - Penawaran (barang atau jasa) atau produk
yang Anda tawarkan dalam bisnis Anda kepada pelanggan Anda.
3. Channels -
Bagaimana Anda menghantarkan produk Anda kepada segment pasar yang telah Anda
tentukan? Apa jalur yang paling mudah lewat mereka?
4. Customer
Relationships - Bagaimana Anda membangun dan menjaga hubungan dengan
pelanggan Anda?
5. Revenue
Streams - Darimana sumber pemasukan Anda? Apa saja yang
pelanggan Anda bayar? Apa saja yang gratis (jika ada.)
6. Key
Activities - Apa aktivitas paling penting yang harus Anda lakukan
agar bisnis Anda berjalan?
7. Key
Resources - Apa saja sumber daya yang Anda butuhkan untuk
menghasilkan produk Anda dan menghantarkannya melalui Channel serta menjaga hubungan dengan pelanggan?
8. Key
Partnerships - Siapa partner Anda? Sumber daya apa yang Ia
sediakan? Bagaimana Ia dapat membantu aktivitas bisnis Anda? Bagaimana bentuk
kerjasamanya?
9. Cost
Structures - Berapa biaya yang harus Anda keluarkan dalam model
bisnis Anda? Mana yang biaya tetap? Mana biaya variable?
Business Model/Canvas dikumpulkan
dalam bentuk soft copy (font dan isi bebas, namun tetap berupa tabel), dengan
design kreatif dan penjelasan singkat tiap pointnya dengan resolusi jelas,
berikut ringkasan singkat maksimal 1 halaman A4 (Times New Roman, 12, spasi 1,5).
B.
Ringkasan
Peserta
mengirimkan ringkasan dari karya yang dibuat, mencakup:
I. Judul
Inovasi
II. Pendahuluan
1. Latar
belakang
2. Tujuan
3. Kegunaan
III. Gambaran
Inovasi yang akan diterapkembangkan
IV. Marketing
Plan
Ringkasan ditulis
dengan ketentuan font Times New Roman, 12, spasi 1, margin atas: 3, kiri: 4, bawah: 3, kanan:
3, maks. 2 halaman.
·
Soft
copy business canvas atau ringkasan (pilih
salah satu) dikirim melalui email essencefkgua@gmail.com dengan
judul NAMA KETUA_FAKULTAS/ASAL
UNIVERSITAS_KOTA/JUDUL INOVASI. Contoh : SALICHA_FKG/UNAIR_SURABAYA/SIKAT
GIGI ELEKTRIK.
·
Setelah melakukan
pengiriman melalui email, diharapkan untuk konfirmasi kepada panitia dengan
format : NAMA KETUA_FAKULTAS/ASAL
UNIVERSITAS_KOTA/JUDUL INOVASI. Contoh : SALICHA_FKG/UNAIR_SURABAYA/SIKAT
GIGI ELEKTRIK ke nomor 087853318304.
·
Biaya pendaftaran
sebesar Rp100.000,00 dan tidak dibatasi kuota, peserta boleh mengirimkan lebih
dari 1 karya dengan formasi tim yang berbeda atau sama (jika sama maka akan
dipilih yang terbaik)
·
Peserta yang akan masuk
babak semifinal sebanyak 15 tim
·
Pengumuman semifinalis
melalui media publikasi dan pesan singkat (sms) kepada ketua kelompok
SEMIFINAL
·
Peserta yang lolos (15
tim) wajib hadir untuk melakukan presentasi poster di hadapan juri pada tanggal
16 Maret 2013 dengan anggota lengkap, apabila salah satu anggota tidak hadir,
maka dianggap gugur
·
Poster berisi penjelasan
mengenai business model/canvas yang
telah diajukan sebelumnya dengan ukuran 80 x 60 vertikal, hendaknya terbaca
dengan baik dalam jarak maksimal 2m, kreativitas tidak dibatasi oleh panitia.
·
Poster dibawa pada saat
melakukan presentasi dan merupakan ketentuan wajib. Peserta diperkenankan
membawa atau menunjukkan produk/karya inovasinya pada saat berkompetisi dan
melakukan verifikasi kebutuhan displaynya pada panitia sekurang-kurangnya 3
hari sebelum lomba diadakan (kebutuhan listrik, meja, atau alat pendukung
lainnya)
·
Biaya transport dan
akomodasi tidak ditanggung panitia
·
Peserta yang lolos ke
babak final sebanyak 5 tim dan akan diambil pemenang poster dengan desain
terbaik.
FINAL
·
Peserta wajib datang
untuk melakukan presentasi di hadapan juri pada tanggal 17 Maret 2013
·
Presentasi dilakukan
dengan file multimedia (powerpoint, flash, atau video file). Dengan atau tanpa audio file yang menjelaskan proses business model/canvas tim anda. Durasi dari audio presentasi business model/canvas
tidak boleh lebih dari 10 menit.
·
Pemenang terdiri dari
juara 1, 2, 3, harapan 1 dan harapan 2.
·
Juara 1, 2, 3 akan
mendapatkan piala, hadiah, dan sertifikat yang diserahkan pada kegiatan Seminar
Health Science
·
Juara harapan 1 dan 2
akan mendapatkan sertifikat yang diserahkan pada kegiatan Seminar Health Science
·
Transport pulang tidak
ditanggung panitia
ASPEK PENILAIAN
Tabel 1.1 Kriteria
Penilaian Seleksi Awal
No.
|
Kriteria
|
Bobot
|
Skor
|
Nilai
(Bobot
x Skor)
|
1
|
Gambaran
Inovasi yang akan diterapkembangkan
a. Kreativitas
b. Orisinalitas
c. Inovasi
|
40
|
|
|
2
|
Kesesuaian dengan bidang ked. Gigi
|
30
|
|
|
3
|
Inovasi yang marketable
|
30
|
|
|
TOTAL
|
100
|
|
Skor : 1,
2, 3, 5, 6, 7
Tabel 1.2 Kriteria Penilaian Presentasi SEMIFINAL
No.
|
Kriteria
|
Bobot
|
Skor
|
Nilai
(Bobot
x Skor)
|
1
|
Hasil
a. Kreativitas
b. Kegunaan
dalam bidang ked.gigi
|
50
|
|
|
2
|
Diskusi:
a. Cara
menjawab
b. Ketepatan
jawaban
c. Kerjasama
kelompok
|
50
|
|
|
TOTAL
|
100
|
|
Skor : 1, 2, 3, 5, 6, 7
Tabel 1.3 Kriteria Penilaian Presentasi FINAL*
No.
|
Kriteria
|
Bobot
|
Skor
|
Nilai
(Bobot
x Skor)
|
1
|
Pemaparan
a. Sistematika
penyajian dan isi
b. Penggunaan
bahasa yang baku
c. Cara
dan sikap presentasi
d. Ketepatan
waktu
|
20
|
|
|
2
|
Gagasan:
a. Kreativitas
gagasan (keunikan, manfaat dan dampak)
b. Kelayakan
implementasi
|
50
|
|
|
3
|
Diskusi:
e. Tingkat
pemahaman gagasan
f. Kontribusi
anggota tim
|
30
|
|
|
TOTAL
|
100
|
|
*sistem
penilaian tersebut di atas dapat berubah sewaktu-waktu dengan atau tanpa
pemberitahuan kepada peserta
Skor : 1,
2, 3, 5, 6, 7
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.